Riset operasi Metode Transportasi


Metode Transportasi
Riset Operasi adalah metode untuk memformulasikan dan merumuskan permasalahan sehari-hari baik mengenai bisnis, ekonomi, sosial maupun bidanglainnya ke dalam pemodelan matematis untuk mendapatkan solusi yang optimal. Faktor-faktor yangmempengaruhi pemodelan harus disederhanakan dan apabila ada data yang kurang,kekurangan tersebut dapat diasumsikan atau diisi dengan pendekatan yang bersifatrasional. Dalam Riset Operasi diperlukan ketajaman berpikir dan logika.
 
Metode transportasi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber – sumber yang menyediakan produk – produk yang sama di tempat- tempat yang membutuhkan secara optimal. Alokasi produk ini harus diatur sedemikian rupa karena terdapat perbedaan biaya transportasi (alokasi) dari suatu sumber ke beberapa tujuan yang berbeda – beda dan dari beberapa sumber ke suatu tujuan juga berbeda – beda. Penerapan metode transportasi ini diantaranya adalah untuk :

  •  Pembelanjaan modal.
  •  Alokasi dana untuk investasi
  •  Pengiklanan
  •  Analisis lokasi
  •  Menjaga keseimbangan perencanaan dan perakitan.

Terdapat tiga macam metode transportasi:

     A.  Metode stepping stone 

     B.  Metode modi (modified distribution)
     C.  MetodeVam (Vogel's apporximation method)



A. Metode stepping stone
Metode ini dalam merubah alokasi produk untuk mendapatkan alokasi produksi yang optimal menggunakan cara trial and error atau coba – coba. Walaupun merubah alokasi dengan cara coba- coba, namun ada syarat yang harus diperhatikan yaitu dengan melihat pengurangan biaya per unit yang lebih besar dari pada penambahan biaya per unitnya.

B. Metode Modi (modified distribution)
 
Metode ini merubah alokasi produk untuk mendapatkan alokasi yang optimal dengan menggunakan suatu indeks perbaikan yang berdasarkan pada nilai baris dan nilai kolom. Metode modi ini memiliki syarat yang harus terpenuhi, yaitu banyaknya kotak terisi harus sama dengan banyaknya baris ditambah banyaknya kolom dikurang satu. Cara untuk menentukan nilai baris dan nilai kolom menggunakan persamaan :


            Ri + Kj = Cij



Dimana : 
Ri  = nilai baris ke i
Kj  = nilai baris ke j
Cij = biaya pengangkutan 1 unit barang dari sumber i ke tujuan j

C. Metode VAM (Vogel’s Approximation Method)

Teknik pengerjaan pada metode ini berbeda dengan dua metode sebelumnya yaitu metode transportasi Stepping Stone dan MODI dimana untuk mendapatkan solusi yang optimal dilakukan berulang-ulang sampai kondisi optimal tersebut terpenuhi.  Sedangkan pada metoda VAM ini, sekali kita menentukan alokasi pada satu cell maka alokasi tersebut tidak berubah lagi.

CONTOH:
Untuk penjelasan, kita gunakan contoh yang sama seperti pada metode transportasi sebelumnya. Suatu perusahaan mempunyai  pabrik W, H, O dengan kapasitas produksi tiap bulan masing-masing 90 ton, 60 ton, dan 50 ton.; dan mempunyai 3 gudang penjualan di A, B, C dengan kebutuhan tiap bulan masing-masing 50 ton, 110 ton, dan 40 ton. Biaya pengangkutan setiap ton produk dari pabrik W, H, O ke gudang A, B, C adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah penyelesaian :

1. Susunlah kebutuhan, kapasitas masing-masing sumber dan biaya pengangkutan ke dalam matriks transportasi:

 
 

2. Carilah perbedaan dari 2 biaya terkecil, yaitu biaya terkecil dan terkecil ke dua untuk setiap baris dan kolom

3. Pilihlah 1 nilai perbedaan- perbedaan yang terbesar diantara semua nilai perbedaaan pada kolom   dan baris. Baris O mempunyai nilai perbedaan terbesar yaitu 9.  Bila nilai perbedaan biaya ada 2 yang besarnya sama, maka pilihlah baris atau kolom yang mempunyai biaya terendah.
4 .isilah pada salah satu segi empat yang termasuk dalam kolom atau baris terpilih, yaitu pada segi empat yang mempunyai biaya terendah. Isikan sebanyak mungkin yang bisa dilakukan.


5. Karena baris O sudah diisi penuh sesuai dengan kapasitas, maka selanjutnya hilangkan baris O karena baris O sudah tidak mungkin diisi lagi. Kemudian tentukan kembali perbedaan biaya untuk kolom dan baris yang belum terisi. Ulangi langkah-langkah ini sampai semua baris dan kolom sepenuhnya teralokasi.
 
Karena B mempunyai perbedaan terbesar yaitu 15, maka isilah sebanyak mungkin yang bisa diangkut pada kolom B yang mempunyai biaya terendah.

 

Baris W mempunyai perbedaan terbesar yaitu 12 dan langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
  

 
 
 

Jadi biaya transportasi yang harus dikeluarkan:  60 (3) +30 (8) + 50 (15) + 10 (10) + 50 (10) = 1890
 
 Sumber:
  • https://digensia.wordpress.com/2013/02/07/metode-transportasi-modi-modified-distribution/ 
  • https://nungkidyah.wordpress.com/2013/09/24/metode-transportasi/

Comments

Popular Posts