Sistem transportasi publik

 SISTEM TRANSPORTASI PUBLIK DI NEGARA LAIN

11.1               Latar Belakang

 Beserta dengan perkembangan jumlah penduduk yang semakin pesat maka transportasi sangatlah penting untuk masyarakat. Salah satu sistem yang turut terpengaruh yaitu sistem transportasi. Perkembangan yang ada menuntut sistem transportasi yang lebih baik di masa depan. Sistem transpotasi di Indonesia masih terbilang sangat kacau dan masih terjadi banyak masalah, membuat Indonesia mencontoh sistem tranportasinya dari Negara lain.
Berbagai lembaga yang melakukan survei transportasi publik perkotaan terbaik di dunia ini. Beberapa kota yang selalu terpilih sebagai yang terbaik adalah London, Paris, Moskow, Hongkong, Berlin, dan New York. Beberapa sumber yang saya dapat pernah berkesempatan mencoba berbagai fasilitas transpoortasi publik perkotaan di Ansterdam dan Berlin.
Hasil sumber saya mengatakan walaupun Kota Amsterdam, Belanda tidak pernah masuk sebagai system transportasi publik terbaik, namun secara umum sudah bias dikatan nyaman sekali. Di Belanda  bias naik KA Komuter dari Rotterdam ke Amsterdam dengan KA yang disebut spinter. KA Kumuter ini di oprasikan oleh Nederlandse Spoorwegen (NS), prusahaan kereta api Belanda.
Sistem pemeblian tiket dan menuju emplasemen, sebagian penumpang memasukan tiket pada kotak kecil yang terlerak di atas tonggak dipinggir eskalator ataupun jalan menuju espelasemen, dan sebagian lainnya tidak. Setelah tiket di cabut dari alat tersebut ternyata tertera cap tanggal dan jam, padahal di tiket sudah tertera tanggal dan jam. Ternyata jika kita memiliki tiket open maka kita harus mengcap tiket tersebut untuk menyatakan bahwa tiket tersebut telah digunakan. Sedangkan apabila tidak memiliki tiket dengan tanggal dan jam tertentu, maka kita perlu dicap lagi tanggal dan jam di alat tersebut.

1.2     Rumusan Permasalahan
1.2.1   Sistem transpotasi di Indonesia masih terbilang sangat kacau dan masih terjadi               banyak masalah dan tidak dapat menghemat waktu.
1.2.2   Bagaimana cara untuk menanggulangi sistem transportasi di Indonesia?

1.3     Batasan Masalah
      Tugas akhir ini penyusun hanya akan memberi solusi dengan mencontoh sistem           trasnportasi dari Negara lain yang sudah terlihat sangat maju di banding di   Indonesia

1.4     Tujuan Penulisan
1.4.1 Mahasiswa dapat mengtahui solusi yang ada dari riset hasil lapangan khususnya sistem transportasi dari Negara lain.
1.4.2        Mahasiswa dapat memilih sistem mana yang cocok untuk di oprasikan di sistem transportasi Indonesia yang ada.
 1.5      Sistematika Penulisan
     Penulisan Tugas Akhir ini disusun dalam bab-bab yang sistematis sebagai berikut:

     BAB I PENDAHULUAN
     Berisi latar belakang, maksud dan tujuan, batasan masalah



2      Pustaka
2.1.1         Pengertian sistem transportasi dan karateristiknya
2.1.2         Tahap proses membenahi sistem transportasi di Indnesia

    Metode
3.1.1         Mengumpulkan dan meneliti dari berbagai sumber yang ada
3.1.2         Mengunakan cara sistem transportasi yang lebih berkembang dan mendukung        sistem transportasi di Indonesia



Comments

Popular Posts