Pencegahan Kerusakan Bangunan Akibat Gempa Tektonik Dengan Menggunakan Rubber Bearing(Universitas Gunadarma Review)


Pencegahan Kerusakan Bangunan Akibat Gempa Tektonik Dengan Menggunakan Rubber Bearing


Belakangan ini indonesia selalu dilanda gempa dengan intensitas yang berbeda. Dikarenakan terjadinya gesekan antara dua lempeng di muka bumi. Energy yang dihasilkan membuat goncangan yang cukup kuat di muka bumi indonesia. Getaran yang terjadi mengakibatkan berbagai kerusakan ditanah pertiwi ini.

            Wilayah asia sangatlah rawan terjadi gempa, apalagi dengan kemajuan zaman yang semakin modern, bangunan - bangunan kebanyakan di bangun vertikal atau menjulang tinggi keatas. Belajar dari pengalaman yang terjadi di indonesia bangunan rendah, rumah tinggal habis ratah dengan tanah ketika terjadi gempa berskala sedang sampai tinggi, Lalu bagaimana dengan bangunan vertikal/tinggi ?
     Memang pada dasarnya gempa tidak dapat dicegah namun dengan upaya perkembangan teknologi getaran gempa dapat diminimalisir. Maka oleh sebab itu dibutuhkan teknologi pembuatan bantalan karet tahan gempa. Salah satu konsep yang digunakan adalah Rubber bearing . Rubber bearing atau bantalan karet merupakan alat peredam gempa yang cukup sederhana karena bahan dan cara pembuatanya yang juga cukup sederhana. Batalan karet terdiri dari bantalan yang terbuat dari lembaran dan pelat baja. 

    Kedua bahan tersebut,biasanya direkatkan selang – seling, sehingga membuat bantalan berbentuk selinder yang mampu menahan beban hingga 500 ton... (lebih kurang 9 kali beban satu tiang ruko berlantai tiga) perunit. Bantalan karet atau rubber bearing ini, dipasang di bawah bangunan, terletak diantara sisi atas pondasi dan sisi bawah balok pondasi. Bantalan karet ini mampu meredam getaran gempa hingga sebesar 75 persen, sehingga getaran gempa sisanya 25 persen yang diteruskan ke struktur bagunan atas. Dengan demikian bangunan relatif tenang, tidak berguncang saat terjadi gempa sedang sampai gempa kuat.
Pemasangan rubber bearing atau bantalan karet juga mempunyai keuntungan yakni  struktur bangunan dapat dibuat lebih ringan dan struktur tidak perlu terlalu kaku, karena getaran sudah diisolasi oleh bantalan karet. Adapun manfaat lainnya adalah adalah bahan peredam getaran gempa bantalan karet tersebut, cocok untuk bangunan yang tidak boleh terguncang ketika gempa terjadi, seperti; ruang operasi rumah sakit, pusat data komputer, museum benda keramik kuno, dan lain-lain.













Rubber bearing sendiri pernah diuji di wilayah indonesia, contohnya gedung bertingkat vertikal, pada akhirnya ketika terjadi goncangan akibat gempa bangun tidak mengalami kerusakan sedikitpun. Pada akhirnya dapat membuktikan bahwa rubber bearing dapat diterapkan sebagai teknologi pencegah gempa di Indonesia.

https://zend28juandy.wordpress.com/tag/seals-and-gaskets-i-bearings-bearing-adalah-suatu-komponen-yang-berfungsi-untuk-mengurangi-gesekan-pada-machine-atau-komponen-komponen-yang-bergerak-dan-saling-menekan-antara-satu-dengan-yang-lainnya/



Jovvano Ch Amahu
Kelas    : 4TA06
NPM     : 13315611
Dosen  : I Kadek Bagus Widana Putra, ST., MT.
Jurusan Teknik Sipil
Universitas Gunadarma




Comments

Popular Posts