Angkot Kota Kupang (BEMO)



Angkutan Kota Kupang ( BEMO )

       Teringat di dalam ingatan sewaktu di kupang saat dimana mulai ada kerinduan , terpendam dalam ingatan yang takan pernah hilang . Terdengar dari kejauhan dentuman suara music yang keras dengan memainkan Rem perlahan lahan , disaat pulang jam sekolah , dimana siswa – siswi menunggu kendaraan untuk pulang .  Ini adalah masa indah yang terjadi di kala saya masi di bangku SMA , bagiku Masa indah ini tak akan pernah terlupakan .
       Di Kupang NTT mempunyai nama tersendiri untuk angkot , yang biasa disebut dengan BEMO . Tapi jangan salah Bemo di Kupang beroda empat , tidak seperti bemo yang berada di daerah  lain yang cuman beroda tiga . Dan yang perlu anda ketahui bahwa bemo dikupang selalu Full Music . Bemo di kupang sudah lama beroperasi dan menjadi angkutan umum bagi sebagian banyak orang di kota kupang .Bemo dikupang juga memiliki ciri khas tersendiri karena selain dilengkapi Audio dengan Power yang besar bemo juga dihiasi fariasi berbagai asesoris di dalam maupun di luar .  Asesoris yang dihiasi di bemo antara lain seperti Klakson , Lampu hiasan bodi , no trayek , sticker bodi beserta riben kaca , dan asesoris di dalamnya berupa boneka , Tv mini , kapasitor , dan Kaca mika yang dihiasi lampu laser serta car freshener guna memanjakan hidung setiap penumpang . Bahkan dengan adanya asesoris seperti ini , banyak pendatang dari luar daerah yang penasaran melihat , pendatang – pendatang dari luar daerah biasanya menjuluki bemo dengan julukan DISKOTIK BERJALAN . Bahkan pada saat itu saking populernya bemo di kupang sering diadakan kontes audio tiap tahunnya . Saat itu popularitas suatu bemo di dasari dari kencang dan kerasnya audio dari bemo itu sendiri dan yang perlu anda ketahui bahwa bemo di kupang mempunyai nama Po nya tersendiri . Soal trayek jalan ,bemo dikupang mempunyai angka (LAMPU) tersendiri berguna untuk mengetahui arah trayek , oleh karena itu jalur jurusan bemo dikenal dengan Lampu yang terdapat diatas body bemo . 


 
 
Dengan dentuman Bass dan suara vocal yang kuat otomatis jika anda berada diatas bemo tersebut susah untuk berkomunikasi dengan orang , dan jika seorang penumpang ingin turun disuatu tempat , penumpang tidak usah berteriak kepada sopir ada kondektur ( Konjak ) cukup dengan mengetuk sebuah tiang handle dengan menggunakan cincin atau uang logam , dengan sigap supir perlahan lahan akan menghentikan bemo tersebut . Kembali lagi soal hiasan , Hiasan yang sering ditaruh dikaca baik depan , belakang ,dan samping  ini berupa sticker lukisan mirip seni kaca patri . Tetapi hiasan ini yang sangat dimusui Polisi Lalulintas , karena mengurangi pemandangan supir yang sedang berkendara . Yah jadi kalua anda ingin berkunjung ke kota kupang jangan lupa nikmati diskotik berjalan ini yah , tersedia baik Siang maupun malam . karena jika anda ke kupang tidak mencoba angkutan umum has kupang rasanya kurang lengkap . Tetapi jika ingin mencoba naik jasa angkutan bemo ketahui dulu jalur yang akan dilalaui bemo melalui angka yang terdapat diatas kabin .
Angka dan jalur perjalanan Bemo
Lampu 1               : Sikumana bisa juga Tofa - Oepura –Kuanino-Obea
Lampu 2               : Sikumana bisa juga Tofa – Kuanino – Oeba – Tedis
Lampu 3               : Terminal kupang-Kuanino – Bakunase
Lampu 5               : Oebobo – Oeba – Terminal kupang
Lampu 6               : Oebufu/Flobamora Mall-Oebobo-Terminal kupang
Lampu 7               : Sikumana bisa juga Tofa –Oepura-Walikota/Lippo Plaza – Bundaran PU
Lampu 27             : Kanaan – Kuanino-Walikota/Lippo Plaza-Bundaran PU
Lampu 10             : Bundaran PU-Walikota-Pasir Panjang-Terminal Kupang
Penfui                   : RSS Baumata – Undana – Pasir Panjang – oeba-Terminal Kupang
Itulah Sedikit pemberitahuan mengenai Kota Kupang ,” Ingat e basodara dong kalo mau nae bemo na Liat lampu dong dolo biar jang nyasar”




Berikut beberapa foto Bemo di kota kupang yang Lagi Trend



 


 




 



      





Comments

Popular Posts